Bahaya Mengonsumsi Cokelat Berlibihan

Seperti yang kita ketahui, cokelat yaitu makanan yang enak dan kaya manfaat. Akan tetapi, benarkah cokelat yaitu makanan yang sepenuhnya bermanfaat?
Cokelat ternyata juga mempunyai pengaruh negatif apabila dikonsumsi di luar batas kewajaran. Apa sajakah pengaruh negatif tersebut?
1. Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung
Bukankah cokelat mempunyai manfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung? Ya, tetapi manfaat tersebut hanya didapatkan apabila cokelat dikonsumsi sewajarnya. Faktanya, cokelat mengandung lemak dan gula. Lemak menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Sedangkan gula menyebabkan darah mengental. 2 hal ini apabila terjadi pada badan kita maka jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
2. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi
Masih sesuai dengan poin nomor 1, terhambatnya sirkulasi darah pada badan kita menyebabkan darah memompa lebih kencang dari biasanya. Hal ini menyebabkan tingginya tekanan darah pada seseorang.
3. Menyebabkan Diabetes
Diabetes yaitu penyakit gula darah yang disebabkan oleh banyaknya makanan elok yang kita konsumsi. Cokelat mengandung banyak gula yang menyebabkan rasanya menjadi manis. Jadi, apabila cokelat dikonsumsi melebihi batas kewajaran, cokelat sanggup menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.
4. Menyebabkan Obesitas
Cokelat mengandung lemak dengan kadar yang cukup tinggi. Inilah yang menjadi dasar pemikiran mengapa mengonsumsi cokelat sanggup menyebabkan kegemukan pada seseorang.
Sebenarnya masih banyak lagi pengaruh negatif dari makanan yang kaya akan gula dan lemak ini. Namun yang aku jelaskan di atas yaitu beberapa pengaruh yang paling umum saja. Semoga sanggup menciptakan Anda paham betapa pentingnya membatasi makanan yang kita konsumsi, salam Sahabat Inspiratif!

Write a comment